Datangnya Jimny 4WD Dilahirkan Kembali, Begini Wujudnya

Suzuki Motor Corporation meluncurkan All-New Jimny 4WD di Jepang untuk pertama kalinya dalam 20 tahun pada pekan lalu. Jimny generasi terbaru tersebut terlahir dalam varian minicar dan compact car.

Pada all new Jimny, fungsi dan penampilan sebuah model off-road yang otentik telah diperkuat. Adapun varian mobil kompak, Jimny terbaru dilengkapi dengan mesin 1,5 liter yang baru dikembangkan.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 1970 sebagai minicar 4WD di Jepang, Jimny telah memainkan peran penting sebagai alat transportasi di berbagai lingkungan, mulai dari tempat kerja profesional, kawasan pegunungan, hingga zona salju.

Jimny juga hadir menjadi pelopor untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dalam mengisi waktu luang dengan kemampuan 4WD dan keakrabannya yang menyenangkan, sekaligus telah membangun segmen pasar mobil 4WD kompak di Jepang.

Pada 1977, mobil kompak pertama Jimny LJ80 (dijual di Jepang sebagai Jimny 8), diluncurkan. Model ini dipasangi mesin 0,8 liter. Model ini juga mendapatkan tempat yang luas di pasar luar Jepang.

Jimny telah menunjukkan penampilannya dalam berbagai aktivitas dari penggunaan sehari-hari hingga rekreasi di 194 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Jimny adalah model andalan Suzuki dengan angka penjualan di seluruh dunia hingga Maret 2018 sebanyak 285 juta unit, dan merupakan satu-satunya kendaraan 4WD kompak yang Jepang tawarkan kepada dunia.

Adapun Jimny serba baru telah lebih jauh mengembangkan penampilan 4WD sekaligus mewarisi konsep dan teknologi inti selama setengah abad terakhir.

Generasi terbaru Jimny mewarisi struktur tubuh tradisional Jimny dari rangka tangga yang baru dikembangkan dengan engine depan, penggerak roda belakang, 4WD dengan gigi transfer jarak rendah yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan (part time 4WD), dan suspensi poros kaku 3-link.

Selain itu, Jimny terbaru ini juga dilengkapi dengan fitur kontrol traksi rem LSD (limited slip-differential) sebagai peralatan standar pada semua varian untuk mewujudkan kinerja off-road yang andal.

Apabila Jimny versi minicar yang semuanya baru ini dipasang dengan mesin turbo 0,66 liter R06A yang dirancang khusus, Jimny baru versi mobil kompak dilengkapi dengan mesin K15B berkapasitas 1,5 liter yang baru dikembangkan. Kedua mesin ini meningkatkan kinerja mengemudi dan keandalan masing-masing varian.

Fungsionalitas dikejar dalam desain interior dan eksterior, dengan ukuran tubuh yang lincah dalam bermanuver. Sementara itu mobil generasi terbaru ini menekankan kemudahan penggunaan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dengan mengembangkan visibilitasnya, serta ruang dan kemudahan penggunaan di ruang bagasi.

Peralatan keselamatan dipenuhi dengan mengadopsi teknologi keselamatan pencegahan Suzuki Safety Support.

All-new Jimny diproduksi di Pabrik Kosai di Jepang untuk pertama kalinya, dan akan didistribusikan ke seluruh dunia.

Fitur Utama All New Jimny

  1. Kinerja 4WD yang otentik semakin berevolusi dengan mewarisi struktur dasar tradisional.
  2. Desain yang mengejar keindahan fungsional, rasional, dan sederhana.
  3. Mengejar kemudahaan bagi penggunaan untuk memenuhi kebutuhan profesional.
  4. Adopsi Suzuki Safety Support dan kinerja keselamatan tabrakan yang sangat baik.

Semua fitur tersebut merupakan spesifikasi Jimny Jepang. Minicar Jimny dijual secara eksklusif di pasar Jepang. Adapun mobil kompak Jimny dijual sebagai Jimny Sierra di pasar Jepang, dan dijual sebagai Jimny di pasar luar negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *