Hindari Lakukan 4 Tips Ini Saat Hamil agar Bayi Terlahir Sehat

Setiap calon ibu pasti menginginkan sang buah tai dapat terlahir sehat dan cerdas. Bayi yang sehat dapat diartikan sebagai bayi yang memiliki fisik yang sempurna. Anda tentunya menginginkan bayi Anda terlahir sehat dan sempurna bukan? Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda hindari agar bayi Anda dapat lahir dengan sehat dan sempurna.

  1. Diet

Janin dalam kandungan sangat membutuhkan asupan nutrisi yang berkelanjutan. Apabila Anda berdiet saat hamil, tentunya Anda akan mengurangi asupan nutrisi janin yang dapat menghambat proses tumbuh kembangnya sang janin.  Itulah mengapa ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan deit.

Akan tetapi, makan berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan sang janin. Misalnya apabila Anda kelebihan mengonsumsi vitamin A jenis retinoat justru dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Oleh karena itu, porsi makan ibu hamil juga harus didiskusikan dengan dokter kandungan mengenai pola makan yang sehat selama masa kehamilan.

  1. Sembarangan Mengonsumsi Obat-Obatan Tanpa Konsultasi Dokter

Bagi Anda ibu hamil, Anda tidak boleh mengonsumsi sembarangan obet tanpa konsultasi dengan dokter kandungan. Mengapa demikian? Sebab beberapa obat dapat terminum oleh janin karena terserap masuk ke dalam saluran plasenta. Itulah mengapa ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi obat tanpa izin dokter karena dapat membahayakan janin.

  1. Merokok atau Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi rokok dan alkohol selama masa kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Dengan mengonsumsi rokok dan alkohol, risiko terjadinya keguguran juga semakin meningkat. Ibu perokok dapat menyebabkan bayi lahir dengan mata juling dan cacat jantung dan dapat menganggu fungsi otak anak sperti penurunnya IQ anak.

Meminum alkohol selama masa kehamilan juga dapat menyebabkan bayi lahir dengan fetal alcohol syndrome, yaitu kondisi cacat lahir yang dapat berdampak permanen. Bayi dapat mengalami kelainan bebtuk wajah, kelainan sistem syaraf pusat, dan kelainan jantung. Kelainan pada sistem syaraf pusat sendiri dapat menyebabkan cacat intelektual, dan masalah perilaku.

  1. Melakukan Aktivitas yang Terlalu Berat

Aktivitas fisik dan olehraga juga tetap harus dilakukan olh ibu hamil selama masa kehamilan demi mempertahankan kebugaran tubuhnya. Ibu hamil yang rajin olahraga dapat melahirkan bayi yang cerdas. Namun, beraktivitas yang berlebihan juga dapat menyebabkan stres pada janin, yang dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Aturan aman yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan olahraga intensitas sedang selama 30 menit sehari ataupun 2,5 jam dalam seminggu. Anda bisa berjalan kaki, berenang, ataupun senam yoga bagi ibu hamil. Namun perlu diingat untuk tetap menghindari mengangkat beban berat yang dapat menyebabkan kelelahan pada tubuh.

Nah, itulah beberapa hal yang pelru Anda hindari agar bayi terlahir sehat. Anda sedang mencari perlengkapan ibu hamil dan perlengkapan bayi? Yuk, segera kunjumgi orami.co.id dan nantikan diskon promo kemerdekaan 2018untuk mendapatkan berbagai penawaran yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *