Inspirasi Renovasi Rumah Yang Lebih Nyaman dan Fresh

Bosan dengan suasana rumah? Ingin mencoba menata ulang desain rumah? Cobalah untuk lakukan renovasi rumah. Renovasi memang membutuhkan biaya besar, bahkan butuh waktu juga. Oleh karena itu banyak orang yang malas melakukannya. Walaupun dengan keterbatasan biaya, anda bisa melakukan renovasi. Tidak perlu mengganti terlalu banyak ruangan, cukup ganti tata letak furniture dan tema warna rumah anda. Sehingga terlihat lebih baru dan fresh. Berikut ini beberapa inspirasi yang bisa anda coba.

Back to Basic

Renovasi bukan berarti harus melakukan perubahan berlebihan. Anda bisa mencoba mengembalikan elemen dasar rumah. Dibuat lebih sederhana dan seragam. Anda bisa mencoba menerapkan tema hitam putih yang kini sedang popular. Ganti juga perabot dengan tema serupa. Tidak perlu membeli furniture baru, anda bisa mendaur ulangnya. Sehingga memiliki tema sama dengan tema rumah.

Berikan Sentuhan Warna Baru

Bila melihat cat dinding rumah sudah usang dan banyak yang rusak. Tidak ada salahnya berikan sentuhan warna baru. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman, memakai warna yang jarang anda gunakan. Hal ini akan membuat suasana rumah yang lebih hidup dan baru. Renovasi ini tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Lalu ubah sedikit tata letak furniturenya. Jangan lupa untuk memperhatikan warna perabot, supaya lebih cocok dengan cat dinding rumah.

Hidupkan Suasana Rumah Dengan Pola Floral

Tidak harus mengganti perabot atau desain, saat renovasi rumah. Melakukan sedikit perubahan pada meja,sofa, karpet atau dinding bisa membuat suasana baru di rumah. Cobalah untuk bermain dengan pola-pola tertentu. Misalnya pola floral atau pola bunga. Tambahkan pola ini disalah satu bagian dinding, di sofa ruang keluarga, karpet dan lainnya. Sehingga ruangan akan lebih menyenangkan dan hidup. Tidak perlu menambah terlalu banyak pola floral. Cukup disalah satu bagian saja.

Tambahkan Material Desain

Tambahkan sedikit visual ruangan dengan material desain berbeda. Tidak perlu mengubah dinding dengan material baru. Tetapi cukup gunakan wallpaper dinding. Misalnya pilih wallpaper dinding bebatuan bata, abstrak dan lainnya yang sesuai dengan tema rumah. Dibagian lantai bisa diganti dengan parket atau lantai vynil. Perpaduan ini akan memberikan elemen yang lebih kuat. Lalu padukan dengan furniture lainnya. Seperti penambahan kaca, karpet, hiasan dinding dan masih banyak lainnya.

Pencahayaan Rumah

Rumah terlihat suram dan gelap, cobalah untuk mengubah pencahayaan rumah. Pencahayaan akan membuat rumah lebih hidup dan segar. Anda bisa sedikit melakukan renovasi di beberapa bagian rumah, supaya pencahayaan terlihat lebih terang. Pencahayaan bisa dari matahari atau penambahan dekorasi lampu. Pilihlah lampu yang sesuai suasana ruangan, sehingga penghuni lebih nyaman.

Cobalah Desain Industrial

Desain industrial kini sedang popular. Mengeskpos bahan bangunan, sehingga membentuk desain yang keren. Cobalah untuk mengekspos beberapa material di rumah anda. Misalnya di salah satu dinding dibiarkan terbuka tanpa adanya finishing. Jadi batanya lebih terekspos. Atau gunakan lantai beton di sudut tertentu. Penggunaan furniture dengan bahan mentah. Seperti besi, kayu tanpa finishing dan lainya.

Ada banyak sekali hal yang bisa anda lakukan dalam renovasi rumah. Tidak perlu mengubah banyak bagian rumah. Cukup tambahkan atau kurangi beberapa perabot rumah. Anda juga bisa menganti warna cat dinding. Dengan begitu rumah terlihat lebih baru dan hidup. Gunakan barang bekas kemudian daur ulang menjadi furniture baru yang membuat rumah indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *