Kualitas Wisma Atlet Jakabaring Seperti Hotel Bintang Tiga

Berkunjung ke Wisma Atlet Jakabaring Sport City Center, di Palembang, Sumatera Selatan, ibarat menyambangi hotel berklasifikasi bintang tiga. Betapa tidak, dilihat dari kualitas bangunan, infrastruktur, dan fasilitas penunjang, perkampungan atlet ini laik disandingkan dengan penginapan yang dikelola oleh jaringan akomodasi profesional lainnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bahkan melakukan pengecekan langsung ke lokasi guna memastikan kesiapan bangunan ini untuk digunakan para atlet dan ofisial peserta Asian Games menginap.

Seluruh perlengkapan, termasuk furnitur, semuanya baru. Yang lama pun diganti dengan yang baru. Baik yang dibangun oleh pemerintah, maupun publik (swasta),” cetus Basuki. Wisma Atlet merupakan bagian dari kompleks Jakabaring Sport City Center. Selain wisma atlet, Kementerian PUPR juga membangun venue, infrastruktur, fasilitas penunjang serta penataan kawasan. Terdapat 14 venue yang disiapkan yakni shooting range, canoeing and rowing center (dayung),  skateboard, voli pantai, Stadion Gelora Bumi Sriwijaya, Stadion Tenis, Lake Side Jakabaring Triathlon, stadion aquatic, stadion atletik, GOR Danau, sport climbing dan rollerblade. Dari sejumlah venue tersebut, Kementerian PUPR membangun dan merenovasi tiga venue yakni shooting range, dayung dan skateboard.

Selain venue, Kementerian PUPR juga memberikan dukungan pembangunan tribun VIP Venue Voli Pantai melengkapi Venue Voli Pantai yang telah dibangun sebelumnya oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Swlatan. Hal ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Bangunan tribun VIP terdiri dari 3 lantai dengan luas bangunan 3.000 meter persegi dengan kapasitas 478 orang.

Penataan kawasan Jakabaring Sport City juga dikerjakan oleh Kementerian PUPR berupa pembuatan plaza dengan air mancur menari di depan Stadion Gelora Sriwijaya, pelataran parkir, drainase, pagar keliling kawasan, pos jaga, dan pekerjaan lansekap. Seluruh pekerjaan membangun, merenovasi venue dan menata kawasan Jakabaring Sport City Center ini menelan dana Rp 600 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *